StartUp aplikasi adalah suatu cara yang digunakkan apliasi untuk bisa berjalan sejak pertama kali Sistem Oprasi berjalan, tidak hanya pada windows gefiatan Startup juga ada pada sistem oprasi lain, bahkan pada Hp saja ada kegiatan yang namanya Startup aplikasi, Namun dampak yang ditimbulkan oleh kegiatan Startup aplikasi ini adalah akan memperlambat proses berjalannya Sistem oprasi saat pertama kali dijalankan atau dihidupkan.

Salah satu cara untuk mempercepat proses saat menghidupkan komputer adalah dengan mendisable startup aplikasi-aplikasi yang kurang penting, dengan demikian tentusaja kerja komputer saat pertama kali dihidupkan akan lebih cepat karena proses yang berjalan juga semakin sedikit.

Namun demikian kita tidak perlu mendisable semua startup, semisal startup yang dilakukan oleh Driver sebaiknya kita biarkan saja karena Driver memang perlu berjalan dengan otomatis karena driver sayang penting, agar kinerja perangkat keras komputer tetap berjalan dengan baik.

Untuk bisa melihat aplikasi apa saja yang berjalan saat startup kita bisa melihatnya di Task Manager ( tekan Ctrl+Shift+Esc ) atau klik kanan pada taskbar lalu pilih task manager.

Klik kanan taskbar lalu klikTask Manager
  • Kemudian pada Tab Startup anda bisa meliahat aplikasi apa saja yang berjalnal pada Startup, pilih salah satu lalu disable yang tidak penting.
  • Jika anda menggunakan Windows 7 untuk melihat Startup, bisa anda lakukan dengan cara menekan tombol Windows+R lalu ketikkan "smconfig" lalu disana ada Tab Startup, anda bisa mengaturnya disana.
 
Top