Maksud dari judul diatas adalah kita akan mencoba memahami macam macam hak akses yang ada pada Visual Basic.Net, Seperti Public, Private dan lain lain. Hak akses adalah suatu keadaan dimana suatu elemen dapat diakses.


  1. Public
    Variabel atau element yang dideklarasikan dengan kata kunci Public memiliki ruang lingkup global yang juga berarti dapat diakses dibagian manapun dalam suatu project, Bahkan project lain yang memiliki referensi terhadap project trersebut. Jadi jika kita ingin atau membutuhkan suatu Variable atau element dapat diakses dimanapun kita inginkan maka sebaiknya kita gunakan Public saat pendeklarasian.
  2. Protected
    Protected mendeklarasikan elemen atau variabel hanya dapat diakses dari sebuah kelas atau kelas turunannya. Kata kunci ini hanya digunakan pada level kelas dan hanya untuk mendeklarasikan nggota dari sebuah kelas.
  3. Friend
    Kata kunci Friend mirip dengan Public, hanya saja ruang lingkupnya hanya dalam sebuah project. Project yang lain tidak dapat mengaksesnya.
  4. Protected Friend
    Kata kunci Protected Friend merupakan gabungan dari Protected dan Friend, yang berarti mendeklarasikan sebuah elemen untuk sebuah kelas atau turunannya dan hanya dapat diakses dari dalam sebuah project saja.
  5. Private
    Private digunakan untuk mendeklarasikan elemen yang hanya dapat diakses dari dalam modul, kelas, atau struktur dimana elemen tersebut dideklarasikan. Kata kunci ini tidak dapat digunakan dari dalam sebuah prosedur.
 
Top